6 Hal Pertama yang Dilakukan (Ulang) Setelah Instal ArcGIS

Salam, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia buat seluruh pembaca semua.

Cukup lama rasanya rentang saya tidak menulis di media maya ini. Setelah seabrek kesibukan pekerjaan akhir tahun yang menyita waktu, akhirnya ada keinginan juga kembali mengisi rangkaian cerita random di blog sederhana ini. Oke, langsung kali ini saya mencoba dari hal ringan yang biasa kita sama-sama lakukan. Mungkin khususnya bagi ArcGIS user ya, saya coba menungkan hal yang bisa jadi kalian semua sadari atau tidak, berikut hal yang biasa kita lakukan setelah proses instal ArcGIS 10.x hampir selesai (loading selama 30 menitan telah berlalu). Catatan di sini juga berlaku untuk mengecek kembali kendala instalasi software ArcGIS yang sulit terbuka / belum berjalan.

  1. Mengecek kembali file “service.txt” yang telah ter-copy ke dalam folder yang seharusnya dicopikan adalah file yang tepat dan berisi sederet script license.
    service.txt

    service.txt

    service.txt

    service.txt

  2. Hal selanjutnya adalah kita terbiasa kembali membuka License Server Administrator yang terletak di Start – All Programs – ArcGIS – License Manager. Pada tab Start/Stop License Service seharusnya menunjukkan keterangan “License Server Status : RUNNING” seperti pada gambar berikut.
    License Server Administrator

    License Server Administrator

    License Server Administrator

    License Server Administrator

    Kalau belum muncul status “RUNNING”, saya menduga kita juga terbiasa meng-klik “Start” kemudian jika status sudah sesuai yang diharapkan kita juga masih belum selesai hingga meng-klik “Re-read Licenses”, begitu kan?

  3. Kalau saya, biasanya juga membiarkan License Server Administrator ini tetap terbuka hingga saya memastikan tahap berikutnya. Entah kebiasaan atau kehati-hatian saja untuk memastikan license tetap berjalan sewaktu saya memulai membuka ArcGIS Administrator.
  4. Selanjutnya saya pikir kita terbiasa juga membuka ArcGIS Administrator untuk menyesuaikan “sesuatu” setelan di sana.
    ArcGIS Administrator

    ArcGIS Administrator

    Setelan yang saya maksud yang ini lho (khususnya yang di-highlight).

    ArcGIS Administrator

    ArcGIS Administrator

  5. Setelah semua dianggap cukup, baru biasanya kita uji coba dengan membuka ArcMap 10.x. Saya sedikit heran mengapa bukan ArcScene atau ArcGlobe ya yang dibuka untuk mengecek apa license berhasil terpasang atau belum?
    ArcMap

    ArcMap

    Kalau saya sih juga memperhatikan, biasanya kalau tanda-tanda license berjalan loading ArcMap akan secara berurutan menunjukkan keterangan ini : “Loading License”, kemudian “Loading Application”, lalu terakhir sebelum terbuka akan muncul keterangan “Loading Document” lega deh setelah muncul keterangan itu. Seperti terbayar sudah perjuangan 1 jam menunggu instalasi ArcGIS yang sangat lama namun sungguh didambakan tersebut.

  6. Nah, step terakhir biasanya kita akan mengaktifkan extension yang selalu dan hampir pasti kita pergunakan. Aksesnya kita sudah sama-sama hafal sejak versi ArcGIS 9.x yang penempatannya masih tidak jauh berbeda. Klik pada “Customize – Extension”.
    Extension ArcGIS

    Extension ArcGIS

    Tinggal klik check-list-nya kemudian klik close.

    Extension ArcGIS

    Extension ArcGIS

Baiklah demikian hal rutin yang mungkin runutannya selalu kita lakukan (atau mungkin cuma saya yang lakukan) setiap kali instalasi (loading yang sangat makan waktu) ArcGIS 10.x hampir selesai. Semoga dapat bermanfaat untuk wawasan kita terutama yang masih menemui kendala dalam proses instalasi ArcGIS-nya. Sampai jumpa.

 

 

-Ibni Sabil A. Z. M.-

GIS Specialist of Line House Production

www.linehousepro.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s