Masa Tenang, Masa Merenung & Menentukan

Assalamu’alaikum, salam semua pembaca di manapun, semoga tetap dikarunia nikmat Tuhan. Indonesia sedang dihangatkan oleh tiga pemberitaan utama, mengenai ramadhan mulia yang sedang dijalani umat muslim, uforia piala dunia, dan yang juga telah hangat dan akan datang eksekusinya adalah Pemilihan Presiden dan Wakilnya pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang. Mengenai pilpres, kini kita telah memasuki masa tenang. Di jeda waktu antara waktu kampanye dan waktu pencoblosan ini, diharapkan tidak ada mekanisme kampanye dalam bentuk apapun lagi dalam kepentingan pilpres oleh pihak manapun karena itu melanggar peraturan pilpres dan berisiko menimbulkan gesekan. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh pihak manapun dalam masa tenang ini antaranya :

  1. Untuk peserta Pilpres dan tim kampanyenya diharapkan, agar benar-benar menghentikan kegiatan kampanye atau kegiatan lain yang mempengaruhi pemilih.
  2. Untuk pejabat negara diimbau, agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan, baik secara langsung maupun tidak langsung kepada warga untuk memilih pasangan calon tertentu. Misalnya acara-acara peresmian proyek, pengumpulan para pejabat bawahannya, dan lain-lain, harus dihindari.
  3. Untuk pemilih aktif diimbau, agar benar-benar memanfaatkan masa tenang untuk mempertimbangkan dan memastikan pilihannya sebelum memasuki bilik suara dan diminta mewaspadai kegiatan yang dapat mempengaruhi pemilih, seperti pembagian uang dan sembako.
  4. Untuk lembaga survei, seperti Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Nasional (LP3ES) diimbau, agar tidak memublikasikan hasil surveinya.
  5. Untuk media massa diimbau, tidak menyiarkan bentuk konten yang dapat merugikan atau menguntungkan satu pasangan calon.

Sebaiknya, momen ini merupakan waktu terbaik bagi pasangan calon dan masyarakat sebagai voter untuk pintar menimbang dan khusu’ memohon petunjuk-Nya demi tepatnya pilihan kita menunjuk atau menitipkan bangku kepemimpinan pada orang yang tepat. Demi Indonesia, demi kesehatan dan kesejahteraan rakyatnya, demi pemimpin adil dan jujur yang sama-sama kita tentukan dari 9 Juli 2014 di TPS nanti. Wassalamu’alaikum -Ibni Sabil on Media-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s