I’m The GIS Specialist of Line House Production

Assalamu’alaikum, kawan pembaca sekalian yang semoga selalu dilimpahkan rizki Tuhan.

Kalau bercerita tentang basic pekerjaan saya sekarang, selalu saja saya teringat masa itu. Masa dimana saya memilih alternatif jurusan untuk perguruan tinggi yang saya ambil di UI. Saya tertarik dunia informatika, makanya saya ambil alternatif awal Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Sedangkan pilihan keduanya saya ragu untuk menentukan, hanya bermodal informasi dari buku agenda tahunan UI milik kenalan saya, saya memutuskan untuk mengambil Geografi sebagai alternatif jurusan kedua yang saya pilih kalau tidak diterima di Fasilkom. Bukan karena saya juga dari awal tertarik dengan Geografi, tapi karena di buku agenda tertulis “sistem informasi” juga dipelajari di jurusan ini, tapi ada embel-embelnya Geografi, jadi Sistem Informasi Geografi. #MetodePemilihanJurusanYangAneh

Overall semua saya jalani sudah, alhamdulillah bisa dibilang cukup lah, memang pada dasarnya tidak ada ilmu yang mengecewakan kan. Hasil metode pemilihan jurusan saya yang unik tadi mengantarkan saya menjadi yang sekarang. Menjadi golongan sedikit orang yang memiliki skill pemetaan dan analisis spasialnya. Bagaimana “memaksakan” korelasi antara fenomena atau kejadian-kejadian yang telah berlangsung itu saling berkaitan di permukaan bumi dan memiliki identitas lokasi. Paling tidak itulah sederhananya ilmu yang coba saya perdalam.

Mayoritas orang juluki bidang ini dengan GIS (Geographic Information System) dengan pelakunya sepertinya saya kadang disebut sebagai Geografer atau GIS Specialist. Saya pribadi merasakan sebagai GIS Specialist di kantor saya sendiri yang saya bangun bersama beberapa teman seangkatan kuliah adalah orang yang berkemampuan konsep geografi dan juga diimbangi dengan skill teknisnya mengelola data spasial sebagai modal melakukan analisis terhadap kejadian yang saling berkaitan seperti saya jelaskan di atas.

Berkutatnya saya sekarang ini di dunia GIS selaku GIS Specialist masih merupakan tahap belajar profesional, belajar memberikan manfaat, belajar menempa kejujuran diri, dan me-manage ruang muka bumi. Hal tentang perencanaan wilayah, pemetaan penggunaan tanah, penyusunan data spasial dasar (sungai, administrasi, jalan, dan topografi), hingga peta yang diperlukan dalam ber-birokrasi menjadi temuan yang sekarang ini bukan lagi sesuatu yang asing. Selamat berkarya di basic apapun kita belajar, pembaca sekalian.

Wassalamu’alaikum

-Ibni Sabil-

GIS Specialist of Line House Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s