Keywords Kampanye Capres Indonesia 2014

Assalamu’alaikum, semoga sahabat sekalian dalam lindungan Tuhan.

Saya terheran-heran dengan tingkah kawan-kawan yang obsesinya sangat tidak terbendung untuk berkampanye ria dalam ajang pesta demokrasi di Indonesia tahun 2014 ini. Banyak hal dan cara mereka pakai, dari cara terbaik hingga cara terburuk yang sebaiknya dihindari. Dari media offline hingga media online yang tidak teramati Bawaslu.

Namun saya mencoba mengulas sisi lain yang unik dari media online paling banyak orang pergunakan, yakni search engine, terutama Google.com. Melalui search engine seperti Google, kita dapat mencari banyak informasi di dunia maya / internet. Melalui media ini juga, kita dapat mengetahui yang mayoritas orang cari dengan kata kunci yang mayoritas orang pikirkan atau sering disebut dengan keywords.

Kembali bersangkutan dengan topik capres / pesta demokrasi Indonesia yang tiba eksekusinya esok tanggal 9 Juli 2014, hal unik mengenai search engine, khususnya keywords pada Google.com diramaikan dengan keywords berbau kampanye yang disertai fanatisme. Fanatisme yang muncul dari para pendukung masing-masing calon ini ada berbau negatif maupun positif. Uniknya, keywords yang memunculkan kata negatif seperti “kejelekan” ternyata cukup favorit menjadi kata kunci para peselancar dunia maya. Baru kita ketik kata “Keje”, maka akan muncul kata kunci yang sangat membosankan saat ini yaitu “Kejelekan Jokowi / Kejelekan Prabowo” dan sederetan pihak yang terlibat dengan mereka.

Keywords Kejelekan

Keywords Kejelekan

Beruntung fanatisme ini juga diimbangi oleh sosok keywords yang masih dirasa menetralisir keywords berstigma negatif di atas. Misalkan kita ketikkan kata “Kebaikan”, maka akan muncul sederetan kata yang tidak jauh beda korelasinya dengan keywords negatif. Contohnya muncul keywords “Kebaikan Jokowi / Kebaikan Prabowo” dan sederetan pihak yang berasosiasi dengan mereka.

Keywords Kebaikan

Keywords Kebaikan

Ya begitu yang menjadi fenomena beberapa hari ini dan dapat kita amati dalam kata-kata kunci / keywords yang seketika muncul pada search engine mewakili banyaknya / mayoritas peselancar internet / dunia maya menggunakan kata-kata kunci tersebut untuk mencari informasi.

Akhir kata, selamat berpesta demokrasi pada seluruh rakyat Indonesia. Semoga kita tetap damai dan memperoleh pemimpin Indonesia yang sama-sama mencerminkan keywords positif yang banyak kita cari juga informasinya.

Wassalamu’alaikum

-Ibni Sabil-

GIS Specialist of Line House Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s